Friday, 29 December 2017 07:52

TIPS BAHAN MAKANAN UNTUK IBU MENYUSUI

Apakah Bunda sering mengeluhkan perihal produksi ASI yang berkurang atau sedikit? Bunda kebingungan bagaimana jalan keluarnya?

Jikalau kita membicarakan perihal ibu menyusui berikut permasalahannya, sudah barang tentu tidak hanya satu cabang ilmu saja yang terlibat. Ringkasnya, ibu menyusui harus benar-benar memperhatikan kondisi dirinya sendiri selain dari bayinya, karena sedikit banyak sang bayi masih sangat bergantung terhadap ibunya. Misalnya saja, ibu harus menjaga pola makan teratur dengan jumlah nutrisi yang adekuat karena nutrisi asupan yang dikonsumsi oleh ibu sangat berpengaruh terhadap produksi ASI.  Selain nutrisi, pola istirahat dan juga kondisi psikologis (stress) juga merupakan faktor lain yang mempengaruhi produksi ASI.

Apabila dari kondisi ibu sudah bisa dipastikan dari pola istirahatnya cukup, ibu tidak sedang stress, dan ibu “sudah merasa” nutrisinya cukup, namun ibu masih saja mengeluh produksi ASInya sedikit, maka ibu perlu meninjau ulang nutrisi yang dikonsumsi baik dari segi jumlah, kandungan, dan juga kualitas bahan makanannya (dengan catatan ibu benar-benar tidak stress atau terdapat permasalahan lain terkait menyusui ibu misalnya hal-hal teknis yang sudah dibahas di artikel sebelumnya). Sehubungan dengan hal tersebut, maka berikut ini merupakan beberapa tips bahan-bahan makanan yang mampu meningkatkan produksi ASI

1.    Daun Katuk

Daun Katuk yang bisa dijadikan bahan makanan sebagai sayuran adalah daun katuk yang muda. Daun katuk mengandung laktagagum yang mampu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, daun katuk juga banyak mengandung steroid dan polifenol yang dapat menambah kadar protein dalam tubuh.

2.    Bawang Putih

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Pediatrics, ibu menyusui yang mengonsumsi bawang putih akan mampu menyusui lebih lama dan ASI yang diproduksi menjadi lebih menarik bagi bayi. Karena bawang putih merupakan salah satu bahan makanan pelengkap yang sering digunakan sebagai bumbu, maka ibu menyusui bisa/dianjurkan menambah atau mencampurkan lebih banyak bawang putih dalam bahan makanannya.

3.    Daun Bayam

Daun bayam merupakan salah satu sayuran hijau lainnya selain daun katuk yang mampu dan ampuh jika dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi ASI. Kandungan mineral, vitamin, dan phytoestrogen dalam bayam sangat membantu bagi ibu menyusui. Selain itu, daun bayam juga kaya akan kalsium, asam folat,protein, kalium, thiamin, dan B6.

4.    Ubi Jalar

Ubi jalar juga dapat membantu meningkatkan suplai ASI. Ubi jalar mengandung  protein, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi , kalori, serat, abu, kalsium, karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikotinat. Jika ibu mengonsumsi satu buah ubi jalar merah yang berukuran sedang dan mentah sudah memenuhi 42 % anjuran kecukupan vitamin C sehari. Apabila dibandingkan dengan havermut (oatmeal), ubi jalar merah lebih kaya serat, khususnya oligosakarida. Terutama daunnya, daun ubi jalar dapat meningkatkan produksi ASI karena kandungan zat-zat laktagogum. Selain itu di dalam daun ini juga ada kandungan karotenoid dan zat besi. Daun ubi jalar juga mengandung provitamin A yang tinggi dan proteinnamun dianjurkan agar mengonsumsi daun ubi jalar yang organik atau tidak menggunakan pestisida, karena jika di daun tersebut ada pestisida dan dimakan oleh ibu yang menyusui, maka zat-zat dari pestisida ini akan masuk ke dalam tubuh bayi. Untuk mengkonsumsinya, tentu saja sebaiknya ubi jalar direbus atau dipanggang sedangkan daunnya dapat dijadikan sayur bening atau direbus untuk diminum airnya.

5.    Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang banyak mengandung protein. Terutama lemak tak jenuh dalam kacang almond, kacang mete dan kacang macadamia dapat meningkatkan suplai ASI. Ibu juga bisa mengonsumsi hasil olahan dari kacang-kacangan misalnya hasil olahan dari kacang kedelai atau olahan susunya.

6.    Biji Wijen Hitam

Penasaran bagaimana biji wijen hitam bisa bermanfaat bagi ibu menyusui? Ya, biji wijen hitam bisa Ibu gunakan sebagai bahan masker pada payudara, bukan sebagai bahan makanan langsung. Hal ini dimungkinkan oleh karena banyaknya kandungan kalsium pada biji wijen hitam. Cara membuat masker payudara dengan biji wijen untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan menumbuk satu sendok makan biji wijen hitam dicampur dengan satu ruas ibu jari kunyit lalu oleskan sebagai masker di atas kelenjar susu secara rutin.

Demikian artikel ini, semoga dapat bermanfaat.

.ldr

Informasi Kontak

Kategori : Hospital
Address : Jalan Jambangan Kebon Agung No. 8, Jambangan, Jawa Timur 60231, Indonesia.
Phone : +6231 8282350
Humas : Sri Mulyani (085330771600)