Tuesday, 23 February 2016 06:55

CARA PENYIMPANAN OBAT DIRUMAH

CARA PENYIMPANAN OBAT DI RUMAH

Bagaimana cara penyimpanan obat dengan benar?? Sudahkah obat-obatan kita di rumah tersimpan dengan baik? Berikut adalah cara menyimpan obat yang benar :

Perhatikan petunjuk penyimpanan

            Penyimpanan obat yang benar akan mempertahankan kualitas obat, mencakup paparan sinar matahari , suhu dan kelembaban penyimpanan. Selain itu yang perlu diingat tidak semua obat bisa disimpan dalam waktu yang lama

1.      Simpan obat pada wadah aslinya dengan label yang jelas

2.      Simpan di tempat yang kering, terlindung dari sinar matahari langsung

3.      Sediakan tempat khusus tertutup untuk menyimpan obat, seperti kotak obat khusus atau lemari kecil khusus penyimpanan obat dan kuncilah lemari tersebut sehingga tidak mudah dijangkau oleh anak-anak

4.  Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.  Perlu kita ingat bahwa obat dapat berbahaya layaknya racun sehingga jangan sampai obat yang kita simpan terminum oleh anak-anak.

5.      Sebaiknya tidak mencampur berbagai jenis obat dalam satu wadah.

6.      Bersihkan wadah/kotak tempat penyimpanan obat secara rutin.

7.      Periksa secara teratur tanggal kadaluarsa obat serta buanglah obat-obatan yang sudah kadaluarsa dan yang sudah tidak dipergunakan lagi.

Sangat penting untuk selalu memeriksa tempat penyimpanan obat di rumah karena obat yang kadaluarsa tentu akan sangat berbahaya dan sisa obat-obatan yang diperoleh dari resep dokter terdahulu juga sebaiknya dibuang saja untuk mencegah penyalahgunaan dan keracunan obat.

8.      Sebaiknya tidak mencampur  berbagai jenis obat dalam satu wadah, obat lepasan hendaknya disimpan dalam wadah sendiri-sendiri. Usahakan wadah terbuat dari kaca dan berwarna gelap transparan.

9.   Jangan meninggalkan obat obat dalam mobil terlalu lama karena panas dalam mobil dapat cepat merusak obat

10.  Jangan  meletakkan obat di atas barang eletronik. Barang eletronik biasanya akan mengeluarkan panas yang bisa merusak obat.

11.  obat hendaknya diperlakukan dengan seksama, yaitu setelah digunakan/diminum, wadah obat perlu ditutup kembali dengan baik, juga membersihkan pipet/sendok ukur dan mengeringkannya, sehingga tidak ditumbuhi oleh jamur dan bakteri.

Berapa Lama Obat Dapat Disimpan?

Batas waktu penyimpanan obat :

·   - Bila wadah atau kemasan obat belum dibuka maka dapat dilihat pada kemasan  atau wadahnya yang dinyatakan   dengan tanggal kadaluarda (ED/Expired Date)

Selama penyimpanan benar, dijamin obat tetap berkhasiat dan tidak rusak sampai tanggal kadaluarsa tersebut

·       - Bila wadah atau kemasan sudah dibuka.

 Bila kemasan obat sudah dibuka maka batas kadaluarsa obat yang tertera pada kemasan tidak berlaku  lagi

-          obat tetes mulut, telinga , tetes hidung, sirup maupun salep/krim yang mengandung air jangan disimpan lebih dari 3 bulan

-          Tetes Mata jangan lebih dari 1 bulan

-          Sirup Kering yang berisi antibiotika jangan disimpan lebih dari 1 minggu

-          Obat racikan dokter berupa puyer atau kapsul sebaiknya jangan disimpan bila ada sisa.

 

 

Informasi Kontak

Kategori : Hospital
Address : Jalan Jambangan Kebon Agung No. 8, Jambangan, Jawa Timur 60231, Indonesia.
Phone : +6231 8282350
Humas : Sri Mulyani (085330771600)