Saturday, 26 December 2015 07:18

Mengenal Pap Smear

Kanker mulut rahim atau keher rahim atau dikenal dengan istilah kerdokterannya kanker serviks merupakan jenis kanker yang sering terjadi pada wanita dan juga merupakan penyebab kematian terbanyak pada wanita. Untuk dapat mendeteksi kanker serviks tersebut maka diperlukan pemeriksaan Pap Smear.

         PAP SMEAR adalah pemeriksaan untuk mendeteksi gejala kanker serviks secara dini. Dengan melakukan pemeriksaan pap smear setiap tahun, jika ditemukan adanya kanker serviks baru pada tahap awal maka kesempatan untuk sembuh lebih besar, artinya semakin dini penyakit kanker serviks diketahui maka semakin mudah menanganinya.

         Pemeriksaan pap smear sangat sederhana, tidak sakit, mudah dikerjakan, memerlukan waktu tidak lebih dari 10 menit. Pap smear merupakan tes yang aman, murah dan telah dipakai bertahun - tahun lamanya untuk mendeteksi kelainan- kelainan yang terjadi pada sel - sel leher rahim. Pemeriksaan pap smear sebaiknya dilakukan setiap tahun.

         Pemeriksaan pap smear secara teratur telah menyelamatkan jutaan jiwa wanita diseluruh dunia dari kanker serviks. Kebanyakan wanita yang terkena kanker serviks adalah mereka yang belum pernah atau tidak teratur menjalani pap smear.

MANFAAT PAP SMEAR

        Manfaat pemeriksaan pap smear adalah untuk :
1. Pemeriksaan skrining adanya perubahan sel ke arah keganasan secara dini sehingga kelainan prakanker dapat terdeteksi serta pengobatannya menjadi lebih murah dan mudah.
2. Menentukan proses peradangan akibat infeksi kuman, jamur, parasit maupun virus.
3. Mengetahui adanya sel kanker leher rahim.

KAPAN WAKTU YANG TEPAT MELAKUKAN PAP SMEAR?

       Waktu untuk melakukan tes pap smear adalah setiap saat di luar masa haid. Waktu yang paling tepat melakukan pap smear adalah 10 - 20 hari setelah hari pertama haid terakhir. Panduan dari American Cancer Society merekomendasikan bahwa pemeriksaan untuk kanker serviks dimulai tiga tahun setelah seorang perempuan aktif secara seksual. Sebelum pemeriksaan pap smear dianjurkan untuk tidak melakukan pencucian vagina dan melakukan hubungan seksual 1 - 2 hari sebelum pemeriksaan.

BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PAP SMEAR?

       Cara pemeriksaan pap smear yaitu dilakukan dengan cara memasukkan alat (spekulum) ke dalam vagina pasien, kemudian sampel sel leher rahim (serviks) diambil dengan menggunakan spatula kayu dan cerviks brush. Setelah itu sampel tersebut dioleskan merata ke lembaran kaca obyek tersebut dicelupkan kedalam larutan alkohol 95% kurang lebih 30 menit dan dikeringkan. sediaan tersebut akan diperiksa di laboratorium untuk di analisis oleh dokter patologi dan anatomi. hasilnya biasanya berkurang lebih 1 minggu.

         Jika hasil pap smear negatif yang berarti tidak ditemikan adanya abnormal sel, maka tidak diperlukan terapi sampai jadwal pap smear yang berikutnya. Atau bila ada keluhan, sebaiknya segera konsultasi lebih awal sebelum jadwal pap smear berikutnya.
mencegah lebih baik dari pada mengobati. Mulai sekarang, dilakukan pap smear secaa rutin dan teratur.

Informasi Kontak

Kategori : Hospital
Address : Jalan Jambangan Kebon Agung No. 8, Jambangan, Jawa Timur 60231, Indonesia.
Phone : +6231 8282350
Humas : Sri Mulyani (085330771600)