Thursday, 11 May 2023 02:45

Indikator Mutu KETIDAKTEPATAN PEMBERIAN OBAT RSIA Cempaka Putih Permata Bulan Januari-Maret 2023 TELAH SESUAI STANDART NASIONAL

    Kejadian kesalahan pemberian obat oleh petugas termasuk dalam insiden kesalamatan pasien, kejadian nyaris cedera maupun kejadian tidak cedera. Kejadian kesalahan pemberian obat oleh petugas adalah kejadian yang merugikan pasien akibat pemakaian obat selama dalam penanganan tenaga kesehatan, yang sebetulnya bisa dicegah. Kesalahan ini dapat terjadi pada setiap tahap mulai dari peresepan, melalui dispensing (apoteker atau staf dispensing), untuk administrasi (staf keperawatan atau pasien sendiri). Kesalahan yang dapat terjadi antara lain salah dalam memberikan jenis obat, salah dalam memberikan dosis, salah orang, salah jumlah, dan pemberian obat tidak tepat waktu.

     Berdasarkan grafik di atas, diketahui bahwa indikator mutu ketidaktepatan pemberian obat telah memenuhi target selama 3 bulan berturut-turut (Januari-Maret 2023) sebesar 0%. Hal ini dapat diartikan tidak terdapat laporan insiden kesalahan pemberian obat oleh petugas. Petugas apoteker dan perawat bidan telah memberikan obat kepada pasien 5 benar, yaitu benar pasien, benar obat, benar dosis, benar waktu pemberian, dan benar cara pemberian.
Last modified on Monday, 15 May 2023 03:33

Informasi Kontak

Kategori : Hospital
Address : Jalan Jambangan Kebon Agung No. 8, Jambangan, Jawa Timur 60231, Indonesia.
Phone : +6231 8282350
Humas : Sri Mulyani (085330771600)