Wednesday, 16 January 2019 04:39

Memerangi Tuberkulosis

Surabaya-Sabtu 12 Januari 2018 Program “Bincang Medika” dari Radio Suara Muslim Surabaya (SAM) FM menghadirkan dr. Kurnia Widiastri yang merupakan Dokter Umum di RSIA Cempaka Putih Permata Surabaya sebagai pembicara dengan tema “Memerangi Tuberkulosis”. Dalam kesempatan tersebut dr. Kurnia menyebutkan bahwa Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri tersebut ditularkan oleh droplet penderita melalui udara. Sehingga pada saat penderita, bersin, batuk, berbicara, meludah, maka bakteri tesebut keluar bersama dropletnya. Penggunaan masker oleh penderita disarankan untuk mencegah penularan. Gejala yang perlu diwaspadai dan harus segera diperiksakan adalah batuk dalam waktu yang lama, berat badan terus menurun, dan badan terasa lemas. Tuberkulosis (TB) dapat sembuh secara sempurna dengan pengobatan teratur dan berkelanjutan. Jumlah obat TB cukup banyak dan dapat menimbulkan efek samping. Namun efek samping tersebut dapat diminamilisir dengan mengkonsumsi vitamin sesuai dengan resep dokter. hal yang juga tidak kalah penting adalah melakukan skrining terhadap seisi rumah, apabila ada anggota keluarga yang positif menderita TB.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh pendengar melalui media sosial Radio SAM FM:

1.   Beberapa waktu yang lalu sempat dirawat di rumah sakit, karena hipertensi. Namun setelah keluar dari rumah sakit, sering tidak bisa tidur, apakah diperbolehkan jika minum obat tidur yang diberikan dokter spesialis jantung? Kemudian, apabila kepala terasa berat/pusing, sering keluar keringat secara berlebihan padahal tidak melakukan aktivitas yang berat, bagaimana solusinya?

**Diperbolehkan minum obat tidur, insya Allah apabila yang memberi dokter, sudah dipertimbangkan keamanannya. Untuk keluhan yang sering muncul, dapat dikonsultasikan pada dokter. Harus kontrol tekanan darah secara rutin.

2.   Pernah memiiki benjolan di payudara sepanjang 1,5 cm yang ternyata adalah kelenjar TB. Setelah minum obat TB, benjolan semakin membesar sepanjang 4,4 cm. Sehingga dilakukanlah operasi untuk mengangkat benjolan tersebut pada tanggal 3 Desember 2018. Setelah itu, TB sudah hilang sempurna. Mengapa bisa timbul benjolan berupa kelenjar TB? TB kelenjar menular melalui apa?
**Bakteri Tuberkulosis ditularkan melalui udara yang seringkali masuk ke alat pernapasan. Namun, bakteri tersebut tidak selalu menyerang paru-paru, dapat juga menyerang organ lain, misalnya seperti tulang atau langsung menyerang kelenjar getah bening. Benjolan yang timbul bisa juga dikarenakan faktor lain, atau merupakan sebuah jaringan yang lain. 

3.   Jari-jari sering terasa kaku saat bangun tidur, apakah penyebabnya?
**Lebih baik diperiksakan ke dokter. keluhan yang terjadi mungkin karena kurang serum, kadar asam urat atau kolesterol yang tinggi, dan penyebab lainnya. Apabila tidak periksa ke dokter, bisa diusahakan berpola hidup sehat, yaitu dengan tidak mengkonsumsi masakan yang digoreng, kacang-kacangan, dan banyak mengkonsumsi sayur.

4.   Bagaimana solusinya jika penderita TB masih berusia anak-anak dan sulit minum obat?
**Jika penderita anak-anak, maka orang tuanya yang harus berusaha keras. Siapapun penderita TB harus mengkonsumsi obat TB secara rutin, karena belum ada jalan lain bahkan belum ada herbal yang dapat menyembuhkan TB. Jika konsumsi obat tidak tuntas, akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Bahkan bisa jadi menyerang organ selain paru-paru. Untuk membujuk anak, bisa dengan minum vitamin yang memiliki rasa buah dan manis, bermanfaat juga untuk mengurangi efek samping.

5.   Tiga pekan yang lalu, mengalami batuk, namun sampai saat ini suara masih serak terutama apabila berbicara dengan volume keras. Bagaimanakah solusinya?
**Serak yang masih dirasakan menunjukkan belum sembuh total dan kemungkinan terjadi radang di pita suara. Namun, hal tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Sementara ini yang dapat dilakukan, perbanyak minum air putih dan tidak minum minuman yang manis.

Closing Statement

Tidak perlu takut, risau, dan tidak percaya diri, apabila menderita TB. Karena TB dapat sembuh secara sempurna, dengn syarat minum obat secara rutin smpai waktu yang ditentukan. Jangan sampai putus, karena akan mengakibtkan bakteri resisten terhadap obat, sehingga perlu mengkonsumsi lebih banyak obat dalam waktu yang lebih lama. Semoga kesabaran dalam sakit dapat menjadi penggugur dosa.


RSIA Cempaka Putih Permata siap melayani dan memperbaiki kesehatn masyarakat dengan optimal.


Informasi Kontak

Kategori : Hospital
Address : Jalan Jambangan Kebon Agung No. 8, Jambangan, Jawa Timur 60231, Indonesia.
Phone : +6231 8282350
Humas : Sri Mulyani (085330771600)