Beranda

Berita Terbaru

Gizi untuk Ibu Hamil



Oleh: Winarni Trihastuti S.Pd
 
Masa kehamilan adalah masa dimana seorang wanita memerlukan berbagai unsur gizi yang jauh lebih banyak daripada kondisi tidak hamil. Disamping untuk memenuhi tubuhnya sendiri, berbagai zat gizi juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Tujuan memberikan makanan bergizi balk, beragam dan seimbang semasa kehamilan adalah untuk menjaga kesehatan janin, pertumbuhan janin, mencegah terjadinya berat badan lahir rendah (BBLR), mencegah anemia atau kurang darah dan tentunya persiapan menyusui bagi yang menyusui.
 
Kebutuhan gizi ibu hamil:
1.                   Energi
Kebutuhan energi pada masa hamil meningkat karena pada masa hamil. Terjadi peningkatan metabolisme. Selama hamil berat badan akan bertambah sehingga pada akhir kehamilan mencapai kira - kira 12.5-18 kg untuk yang kurus untuk normal 11.5-16 kg, overweigh 7-11.5 kg dan untuk yang obesitas kenaikan berat badannya 5-9 kg. Pertambahan berat badan yang dianggap normal adalah 350-500 gr tiap minggu.
 
2.                  Protein
Kebutuhan protein meningkat, pada penelitian disebutkan bahwa ibu hamil yang kadar protein dalam makanannya sangat rendah, maka bayi yang akan dilahirkan mungkin lebih pendek atau lebih ringan disbanding bayi normal. Protein yang dianjurkan semasa hamil adalah protein hewani yang berasal dari unggas, ikan dan daging.
3.                  Lemak
Kebutuhan lemak pada ibu hamil 20 % dari kebutuhan energi. Yang perlu diperhatikan adalah jenis lemak, diutamakan ibu hamil mengkonsumsi asam lemak omega 3 yaitu untuk perkembangan pusat susunan syaraf termasuk selotak.Sumber asam lemak omega 3 adalah ikan laut seperti tuna, salmon, lemuru, minyak canola, minyakj agung, minyak bungamatahari, minyak kedelai, minyak zaitun.
 
4.                  Kalsium
Kebutuhan kalsium jauh lebih banyak pada masa hamil 950 mg karena diperlukan untuk pembentukan tulang janin. Kekurangan kalsium selama hamil ini tidak akan mempengaruhi tulang janin, tetapi dalam keadaan ini ibunya yang menderita, misalnya giginya sakit, menjadi rusak, tulang-tulang panggulnya akan cepat rapuh karena kalsium diambil dari tulang ibunya. Sumber kalsium susu, kacang-kacangan, dan hasil olahan ikan laut.
 
5.                  Zat Besi
Kebutuhan Fe pada ibu hamil juga sama pentingnya, karena Fe adalah merupakan unsur penting dalam pembentukan darah janin. Si ibu sendiri harus mempunyai persediaan Fe sebagai pengganti darah yang hilang pada waktu melahirkan, juga dalam ASI juga harus mengandung Fe. Kebutuhan zat besi dapat dipenuhi dengan tablet Fe 200 mg kalau untuk pencegah ananemi minum tablet Fe 3x/mgg, sedangkan untuk pengobatan anemi minum tablet Fe nya 1x/hr.
 
6.                  Vitamin
Dari jenis vitamin yang terpenting untuk ibu hamil adalah vitamin D, E, B1, B6, dan asam folat. Seorang ibu hamil yang kekurangan vitamin tidak akan dapat memberikan cadangan vitamin untuk anaknya.
 
 
FUNGSI MAKANAN BERGIZI ADEKUAT DIPERLUKAN BAGI IBU HAMIL
1.                   Menjaga kesehatan ibu hamil
2.                  Untuk kesehatan janin yang dikandung
3.                  Persiapan persalinan.
4.                  Untuk pemulihan pasca melahirkan
 
 
PESAN PENTING UNTUK IBU HAMIL
1.                   Ibu hamil dianjurkan makan lebih banyak dari sebelum hamil, porsi kecil tapi sering.
2.                  Makanlah makanan yang bergizi, beragam dan berimbang .
3.                  Banyaklah makan makanan cumber zat besi untuk mencegah anemia dan konsumsi tablet tambah darah Sesuai dosis.
4.                  Jangan konsumsi jamu selama hamil terutama pada trimester I.
5.                  Memeriksakan secara teratur kehamilannya pada tenaga kesehatan/dokter, selama kehamilan minimal 4 kali.
6.                  Periksa laboratorium (Darah dan Urin) minimal sekali pada saat kehamilan
7.                  Cukup istirahat dan hindari pekerjaan yang berat.
 
_____________________________________________________________

Rubrik KONSULTASI KESEHATAN
Kerjasama RSIA Cempaka Putih Permata & Majalah Mustahiq
InsyaAllah semua ada solusinya 
_____________________________________________________________

Anda dapat pula berkonsultasi secara langsung dengan mengirim pertanyaan ke: cempakaputihpermata@gmail.com 

VISI

Menjadi Rumah Sakit Pilihan utama masyarakat.

MISI

Menjujung Profesionalisme, Melayani secara prima, Memberikan  Kenyamanan.

MOTTO

Nyaman serasa di rumah.

KARAKTER

TAJAMM hati dan Pikiran (Tanggung Jawab, Jujur , Aktif , Manut dan Mesem).

Informasi Kontak

Kategori : Hospital
Address : Jalan Jambangan Kebon Agung No. 8, Jambangan, Jawa Timur 60231, Indonesia.
Phone : +6231 8282350
Humas : Sri Mulyani (085330771600)

Google Maps